INFORMASI PENGARUH BEBAN TAS PADA ANAK SEKOLAH



Apa efeknya kalau setiap hari membawa tas berat?

Jika terus dilakukan, kebiasaan membawa tas berat dapat menimbulkan berbagai gejala yang tidak terduga. Mulai dari sakit kepala, rasa kaku di bagian leher dan pundak, nyeri pinggang, hingga gangguan keseimbangan.
Maka risiko mengalami kelainan postur tubuh dan tulang belakang seperti Hernia Nucleus Pulposus atau dikenal dengan saraf terjepit bukanlah hal yang tak mungkin terjadi.
Lebih jauh, sebuah penelitian tahun 2013 dalam Journal of Applied Physiology mengungkapkan bahwa membawa tas berat secara terus-menerus bisa mengakibatkan kerusakan saraf, otot, hingga tulang. Kerusakan ini bukan tidak mungkin menyebabkan gangguan gerak. Anda mungkin jadi lebih sulit menulis, menggambar, mengemudi, mengoperasikan alat-alat berat, dan sebagainya.

Bagaimana caranya agar tetap sehat meski harus bawa tas berat setiap hari?

1. Menghitung berat tas yang ideal buat Anda

Menurut American Chiropractic Association, idealnya berat maksimal tas Anda tidak lebih dari 10 persen dari berat badan. Angka ini berlaku jika Anda adalah orang sehat tanpa adanya trauma, cedera, atau masalah kesehatan lainnya. Jadi jika berat Anda adalah 60 kg, maka berat tas Anda tidak boleh melebihi 6 kg. Namun, kalau bisa bawalah beban yang kurang dari 5 kg.

2. Mencari titik nyaman dalam tas

Penting untuk mengetahui cara yang nyaman dalam menenteng tas Anda. Tas yang terlalu pendek atau tinggi bisa memengaruhi postur tubuh Anda. Maka itu, pilih tas yang dapat membuat Anda bergerak sebebas-bebasnya tanpa terbentur oleh tas. Pilih juga tas dengan straps yang tebal.
Jika Anda menggunakan tas selempang, tas tangan, atau tote bag sebaiknya upayakan untuk membawa tas di sisi kanan atau kiri secara bergantian.

3. Perhatikan sepatu yang Anda kenakan

Hindari mengenakan sepatu hak tinggi jika Anda harus membawa tas berat. Selain merupakan kombinasi yang buruk, sepatu dengan hak dapat memiringkan panggul Anda ke depan, meningkatkan risiko terkena nyeri punggung kronis dan cedera.
Saat membawa tas berat, jangan sambil bermain HP. Saat bermain HP, kepala Anda akan menunduk menatap layar sehingga meningkatkan risiko Anda terkena military neck,keadaan di mana leher kehilangan kemampuan untuk mempertahankan kelengkungannya.
Tas merupakan cerminan gaya seseorang tapi, jangan sampai membuat Anda mengorbankan kesehatan. Jika memang sehari-hari bawaan Anda berat, pertimbangkan untuk memakai tas ransel dibanding tas tangan. Latih juga badan dengan melakukan olahraga core strength (kekuatan inti) untuk membantu badan Anda berdiri tegak dan menghindari gangguan postur tubuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAGANG KADER